Just another WordPress.com site

Head tape recorder terbuat dari bahan magnetik lunak yang dapat menjadi magnet sementara karena induksi medan magnet yang berasal dari arus listrik yang melalui lilitan kawat pada logam kern head.

Head tape recorder berbentuk seperti tapal kuda dan terbuat dari lembaran-lembaran logam tipis mumetal atau permalloy yang ditumpuk seperti trafo dan pada logam tipis tersebut dililitkan kawat email tembaga kira-kira 1500 sampai 2000 lilitan.

Pada umumnya tape recorder hanya memakai satu head saja untuk merekam dan main kembali / playback.  Head rekam/playback mempunyai celah head (head gap)  ± 1 sampai 5 mikron.

HEAD REKAM

Pada pesawat tape recorder head rekam berguna untuk mengubah getaran-getaran listrik informasi suara menjadi medan magnet yang terkonsentrasi pada head gap/celah head. Karena pita kaset berjalan dimuka head gap maka terjadilah peristiwa magnetisasi pada pita, hingga terbentuklah konsentrasi magnet-magnet kecil yang kuat dan lemah pada pita tersebut yang tergantung dari kuat lemahnya getaran listrik informasi suara tersebut.

HEAD PLAYBACK

Sebaliknya pada head playback, perjalanan pita yang mengandung konsentrasi magnet-magnet kecil yang kuat dan lemah pada muka head gap, diubah oleh head menjadi getaran-getaran listrik informasi suara yang dapat diambil keluarannya melalui terminal-terminal gulungan kawat email tembaga head.

MENGUKUR RESISTANSI HEAD

Nilai ohm head umumnya berkisar antara 100Ω – 330Ω, makin banyak lilitan kawat head makin besar nilai ohmnya. Pada head mono terdapat 1 gulungan kawat, sedangkan pada head stereo terdapat dua gulungan kawat masing-masing untuk kanal kanan dan kiri.

Untuk mengukur resistansi head, kita menggunakan skala pengukuran. x10Ω pada ohmmeter

Kerusakan-Kerusakan Pada Head

1. Head kotor karena memutar pita kaset yang kotor.

– Perbaikan : head dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih head (head cleaner) dan di lap dengan menggunakan kain / tissue.

2. Head aus.

– Perbaikan : head diganti dengan yang baru

3. Gulungan kawat head putus.

– Perbaikan : head diganti dengan yang baru

4. Head termagnetisir / menjadi magnet.

– Perbaikan : head dinetralkan dengan menggunakan head demagnetisier.

 

Materi Powwer Point Dapat diunduh disini Head Tape Recorder

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: